Langsung ke konten utama

7 Weeks and Still Counting

Alhamdulillah sampai dititik ini dengan bulan Ramadhan yang semakin dekat pula.

Yang terlihat kuatpun senangnya dikuatin
Selalu bisa senyumpun maunya disenyumin
Alangkah bahagianya pula disemangatin
                                              
Aihhh.. Baper. Banyak maunya, tapi ga muluk-muluk kok ya.

Mungkin ini sekedar berbagi sedikit cerita rasanya tingkat akhir yang mungkin juga sedang akan atau sudah kalian alami. Terkhusus para pejuang skripsweet Proteksi Tanaman 50 ! Happy reading J




Dulu sebelum melangkah ke dunia penelitian yang luar biasa ini sempat mikir akan gabut kalo “hanya” penelitian. Ohh.. tergantung, setiap persepsi berbeda-beda. Memang yang kurasa waktu luang terlihat lebih banyak, tapi karena penelitian lapang jadi waktu luang lebih untuk istirahat. Istirahat?? Yah.. begitulah. Disela-sela harus input data tiap minggu, iden tiap minggu dan la la la nya. Jadi ingat dulu pertama kali Bapak Wayan (dosen pembimbing skripsi) meyakinkan memulai penelitian disaat semester 8 aja, disaat ga ada kuliah. Oh, begini rasanya.

Kali ini aku tidak bercerita tentang susahnya bertemu dosen, revisi, ngatur waktu, nemuin topik dan lainnya. Tidak semua merasakan, tapi pasti semunya melalui lika-liku semacam itu. Mungkin dengan cerita yang berbeda.

Awal pengamatan lapang, 1 hari dari seminggu itu sudah cukup dimaksimalkan. Biasanya hari selasa atau rabu. Kali ini dengan umur yang sudah 7 Minggu, bahkan 1 atau 2 haripun belum selesai. Kini selasa, rabu dan nyambung ke kamis. Untung sekarang masih sesi UTS, jadi kali ini tidak berlomba dengan hari kamis yang pada saat itu jadi asisten disalah satu MK interdept angkatan 53 (Entomologi Umum).

Ohiya, aku perkenalkan dulu penelitian ini adalah tentang Hama pada tiga varietas padi: IPB3S, IR64 dan padi ketan LUSI. Lahan penelitian dekatlah ya dari kampus, di Situ Gede.

Ngomongin tentang tempat penelitian, memang sih dekat. Tapi, diawal-awal aku belum ada kendaraan. Jadilah ceritanya minjam, minta anter, minta jemput, eteng-eteng ahh apalah yang sudah terlalui itu namanya. Hingga akhirnya Mila pun (partner penelitian satu Dosbing) memboyong motornya dari pasming. Singkat cerita sekarang kamipun tidak tergantung sama orang alias maksudnya kamipun tidak merepotkan orang lagi. Tapi tetep weh, karena kosan kami ga bisa nyimpen motor jadinya kami selalu menitipkannya ke salah satu kosan temannya teman yang kini juga jadi teman kami. Haha. (thx to ulya and Nita)

Anak lapang biasanya akan jarang terlihat dikampus. Mungkin ini terlalu mager buat beranjak wkk. Sebenarnya sih kalau ga penting-penting amat, ga bakal ngampus. Mending ngaso, cari hiburan. Pagi kami selalu dimulai dengan berangkat kesawah sekitar jam 7an pulang jam 10an. Menghindari panas dan memang jam segitulah serangga aktifnya. Kadang sih telat ke sawah. Begitulah siklus pengamatan. Kalau menghubungi kami sekitar jam segitu ya bakal late respon apalagi siang biasanya tidur wkk. Itu kalau capek banget.

Umur padi kini sudah 7 MST, kalau pengamatan langsung mungkin sering ga keliatan kalau lagi ada orang didalam lahan. Apalagi IPB 3S yang tinggi. Jadi kalau nunduk ya ga keliatan. Karena pengamatan mulai dari pangkal sampai ujung daun. Ga jarang juga merasa terluka. Eitss.. bukan merasa lagi, tapi memang terluka. Apanya kakak yang terluka?? Haha. Ya kadang tangan, kaki bahkan wajah. Tergores oleh daun daun yang tajam. Sempat juga waktu itu irigasi entah dari mana bocor dan mengairi sawah yang membuat kaki bentol-bentol merah banyak. Bahkan para petani juga merasakan gatal-gatal yang akhirnya bentol. Bekasnya pun masih ada sedikit lagi. Semoga pas udah beres udah bisa berbenah diri lagi menuju wisuda. Naon ?? :DD

Cuaca dilapang tak dapat dikendalikan. Pernah panas biasa aja, panas banget, gerimis manja, dan hujan. Itulah lapang. Bapak berpesan jangan sampai ke sambar petir aja wkk. Nah cuaca dan mungkin fisik yang over drop nya ini lah faktor yang membuat sakit. Jangan salah, sakit sudah pernah menyapa. Tapi harus tetap kuat. Ya Allah, sehatkan.. kuatkan sampai akhir.

Kadang jenuh, capek, kadang bosan ya kadang juga galau. Jangan sampai terusan aja. Bahaya.  Dibuat bahagia aja, jalanin penuh keikhlasan. Insya Allah yaaa. Kan dilapang ada pak Bonny dan pak Slamet yang selalu membuat canda tawa. Apalagi seringnya ngasih kelapa muda. Fresh from the tree Yakkk?

Sebelum masuk ke dunia tingkat akhir ini dulu memang ga bisa beneran rasain gimana feel orang-orang yang udah duluan ngerasain, sekarang udah tau lah ya. Masa dimana nyemangatin diri sendiri itu kewajiban. Nyemangatin teman-teman adalah keharusan. Nah loh dimana bedanya?. At least, ga ada bedanya. Apa yang dirasakan orang lain juga yang kita rasakan. Jadi jika ada teman yang sedih atau galau, butuh semangat. Ya... disitulah kita harus ada.

Mungkin kalian mempunyai cerita yang luar biasa lagi untuk dibagikan. Ya setidaknya kalau aku ga sempat cerita beginilah sedikit ceritaku. Penelitian kalian juga pasti luar biasa, jangan pernah anggap remeh penelitian orang. Kalian ga tahu bagaimana perjuangannya untuk penelitian tersebut demi orang tua. Biar ga bayar UKT ?? ehehe. By the way, di IPB emang lagi hebohnya UKT kan ya. Semoga yang terbaik untuk yang angkatan 50 semogakan.

Maafkan mungkin sudah jarang ketemu kalian teman dan sahabat. Cepat sembuh Mega dan Eni dan lainnya yang juga sedang sakit. InsyaAllah menjadi penggugur dosa. Maafkan aku yang ga peka ini ga sempat jengukin. Semangat buat Ariska yang selalu curhat mahluk halus yang ada di tempat penelitiannya. Semangat sharah yang mau seminar. Semangat imeh yang mau sidang. Semangat juga tim yang tahan banting Mila dan Taufik. Semangat untuk semuanya apapun perjuangan kalian, hasil tidak pernah menghianati usaha. Jangan lupa selalu berdoa dan berharap kepada Allah serta restu orang tua.

Terimakasih untuk selalu saling mendoakan yang diam-diam maupun terang-terangan. Hehe. Terimakasih untuk orang-orang yang sudah pernah mampir ke lahan: Wian, Anik, Riris, Ariska, Syafrinaldi, Nendi, Bang Aidil (motornya doang wkk), Uchan (pernah jemput).


Bahkan ini udah kayak apaaan hahahaaa.. Udahlah ya, biar inget makanya ditulis. See you when I see you. See you on Top! Semangat penelitian, jangan kasih kendorrrr

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Latsarku

Latsar alias pelatihan dasar adalah kegiatan pertama yang paling ku tunggu-tunggu setelah diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), habis itu ya langaskara trus TC (untuk dua ini mungkin akan kuceritakan nanti setelah melewati kegiatannya dan semoga ingat buat share ceritanya juga). Sebenarnya sih, latsar ini tuh syarat untuk diangkat jadi PNS, jadi kami para CPNS harus lulus dulu nih dalam pelatihan ini. Pokoknya kegiatannya itu kaya akan ilmu buat 'ningkatin kompetensi kami para CPNS, latsar juga dikenal dengan sebutan prajabatan. Oiya, kali ini aku lebih ke bercerita pengalaman selama latsar ya, jadi ga akan cerita detail ilmu yang aku dapatin. 

Behind The Scene "(un)officially Sarjana Pertanian"

 (un)officially SP 3 Januari 2018, ± 16.00 WIB @Ruang Sidang Komisi Proteksi Tanaman IPB. Setelah melalui proses menuju sarjana yang begitu menguras tenaga, pikiran, hati dan kantong :D akhirnya title Sarjana Pertanian pun secara (un)officially tercapai sudah. Nesha Priga Hasanah, S.P Alhamdulillah!! Aku terhitung lulus menjadi Sarjana Pertanian di IPB selama 45 bulan alias 4 setengah tahun alias di semester 9. “Lama juga ya nes? Kenapa sih nes? Susah nya dimana? Kapan Seminar? Udah sidang belum?   wisuda?” Hmm.. banyak sih yang berfikiran semacam itu, banyak juga yang dengan ringannya menanyakan pertanyaan-pertanyaan nan menyayat hati *eaaa lebay doang ini* bukan menanyakan kabar. Tau ga disini rasanya gimana? Duh.. senyumin aja. “mohon doanya ya”, “Rabu wisuda kok” (fyi: di IPB jadwal wisuda memang selalu hari Rabu”, Nah ini... jawaban andalan penguatan diri.   harusnya bisa tepat waktu 4 tahun ya nes?. Oke bukan tepat waktu but waktu yang tepat (pembelaan).

My Graduation Day! part 1

Terjawab sudah pertanyaan kapan yang satu ini. Yap, “kapan wisuda?” Setelah beberapa kali melewati rabu, finally its my turn! I get my wednesday for my bachelor graduation J . fyi : graduation day in IPB is alway on wednesday.