Langsung ke konten utama

RESEARCH SEMINAR!!

RESEARCH SEMINAR~~

Alhamdulillah wa Syukurillah,
Setelah melalui perjalanan revisian dan bimbingan yang tentu saja dengan gundah gulananya meratapi masa-masa 'mahasisa' FINALLY HILAL pun datang!!!

***

Rencana awal setelah pertemuan pertama dengan dosen pembimbing skripsi (PS) diawal bulan september 2016 adalah memulai penelitian dibulan berikutnya, Oktober. But.. ternyata aku "terlalu sibuk" ehehe. Sok sibuk ato sibuk harusnya bukan dijadikan alasan tapi (kok tapi lagi ya ini?) apa boleh buat, amanah harus dituntaskan terlebih dahulu. Skripsi ternyata ga bisa masuk dalam list kuliah sambil memegang amanah dibeberapa event kampus dan organisasi. Sadar diri, belum bisa manage semuanya bersamaan, akhirnya ngatur timeline lagi dan diputuskan lah untuk mulai di bulan November 2016. 

Demisioner dibulan november, segala urusan selesai dan akhirnya Bismillah membuka lagi dunia perskripsian. Diskusi bersama dosen PS, belajar dan belajar lagi lebih mendalami topik penelitian akhirnya diputuskan lah waktu untuk memulai penelitian dimulai januari. Nah, kenapa dipilih bulan januari? Karena penelitian lapang yang kupilih harus dengan persiapan yang matang mulai dari persiapan lahan, dan bla bla nya. 

Desember-Januari, 2016.
Status: Mahasiswa tingkat akhir semester 7

Awal Januari tahun 2017, aku harus fokus terlebih dahulu untuk menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) sambil tetap mencari berbagai literatur terkait penelitian. Oiya, pertengahan januari aku juga masih main dulu wkk. Main kali ini adalah main yang berfaedah, nama kegiatan mainnya adalah "MIGRATORIA" (selengkapnya tentang migratoria bisa baca entry sebelumnya ya guys eheee). Nah, sepulangnya dari migratoria itulah aku benar-benar memulai penelitian. 

Kabar bahagia perskripsian diawal tahun 2017 adalah tepat pada tanggal 25 Januari 2017. Niat hati ngehubungi Bapak ingin konsultasi segera, Alhamdulillah konsultasi memang ditunda tetapi benih padi sudah disemai oleh petani di lahan. Yeay! Berarti bisa mulai penelitian segera nih. Alhamdulillah
Fyi: Topik penelitian tentang hama padi. Penelitian dilakukan di lahan sawah petani di Situgede. Nah terkait hasil diskusi terakhir dengan Bapak di bulan desember adalah mencari informasi tentang benih padi yang digunakan termasuk tempat penjualan benih terkait. Namun ternyata Bapak sudah menyiapkan benih.

Februari, 2017
Status: Mahasiswa tingkat akhir semester 8

Pindah tanam dilakukan pada tanggal 14 Februari 2017. Sejujurnya kondisi badan kurang fit setelah hari sebelumnya sempat demam. Pada saat pindah tanam kondisi cuaca mendung dan agak gerimis. Kuat nes kuat. Karena ini adalah start nya penelitian, semangat membara mengalahkan apapun, hujan badaipun akan ku tempuh *eaaa .

Minggu-minggu menjalani penelitian dilakukan hingga memasuki ke minggu 14 setelah tanam (alias panen. Tentu saja banyak cerita yang dialami selama penelitian (bisa baca entry 7 weeks and still counting). Panen dilakukan bersama dengan Pak Boni (petani) dan istrinya. Syukurlah akhirnya mei adalah bulan terakhir aktivitas bolak-balik bara-situgede. Finally, bisa merasakan istirahat selama seminggu tanpa harus berpacu dengan ayam yang berkokok demi kelahan sebelum matahari tepat diatas kepala wkwk. Pascapenelitian ngga langsung ngerapiin data, tetapi mengikuti keinginan hati ingin istirahat dulu yang terkesan mager (malas gerak) wkwk. Baru sadar lagi awal juni 2017, di bulan itulah mulai melakukan pengidentifikasian hama/musuh alami di laboratorium.

Sepanjang bulan juni, bertepatan juga dengan bulan suci Ramadhan adalah bulan galaunya ingin pulang tapi progress penelitian masih sangat sedikit. Sempat hopeless di pertengahan bulan ingin memutuskan pulang aja, karena ngerasa Bapak masih sibuk, dan data hasil identifikasi juga minim. Pertolongan Allah datang lagi tepat tanggal 15 Juni 2017 7:34 AM, Bapak menghubungi agar bisa diskusi pada hari tersebut. You know what? Pada hari yang sama sebenarnya aku udah memesan tiket pulang ke Riau. Keajaiban banget ya Allah, akhirnya bisa pulang kampung dengan progress wkk. Hari itu jadi hektik banget karena harus persiapan pulang, persiapan ketemu Bapak, dan ketemu Pak Boni (silaturahmi sekalian mengucapkan terimakasih). Hasil bimbingan adalah kejelasan terkait judul penelitian yang menyesuaikan data hasil pengamatan.

Fyi: malemnya sempet muter2 ke kota beliin baju lebaran buat Pak Boni. Ehee

Juli 2017~Pascalebaran
Status: MahaSISA semester 9

Huffttttt.. wacana banget pulang kerumah sambil ngolah data, mau nulis ini itu bla bla bla. Logbook yang berpeluh dengan beceknya sawah (kebayang ga? Sampul buku bahkan dalem2nya berwarna sedikit bercak2 cokelat karena air sawah) semakin lusuh didalem tas. Kuakui, hari-hari dirumah bener-bener dimanfaatkan liburan.

Welcome Juli, harus sadar! Its time to back in Reality.
5 Juli 2017, akhirnya mendarat kembali di planet dramagon dengan alien-alien bara-bateng sekitarnya. Kita mulai dari nol lagi ya? Eh! Enggadong.. melanjutkan yang harus dilanjut bukan mulai. Kesibukan dibulan juli ini adalah fokus ke data penelitian. Bolak-balik bimbingan yang isinya ngurusin data melulu.. Ternyata data pengamatan banyak juga ya, jadi proses identifikasi ga dilanjut. Karena data hasil pengamatan langsung sudah cukup untuk dijadikan data dalam skripsi. Alhamdulillah ya, urusan si data berakhir pada bulan juli.

Fyi: pengambilan data diambil berdasarkan pengamatan dilapangan dengan beberapa metode, salah satunya pengamatan secara langsung.

Agustus-November 2017
Status: MahaSISA semester 9

Penulisanpun dimulai. Cara aku menulis cukup simpel, mulai dari ngebaca data, mulai buat kerangka pembahasan lalu mencari referensi pendukung. Sebenarnya proses penulisan tahap pertama ini ga begitu lama, tapi ternyata baru bisa diselesaikan sampai akhir agustus. Skripsi draft 1, done!
Disela-sela menulis aku juga harus mengurus UKT yang super menguras hati dan fikiran (if I have time in the future to tell you in my blog, i will tell you guys, be patient ok?).

Memasuki bulan september..
Awalnya, sempet seneng dengan bayangan dulu banget sebelum mulai penelitian mikirnya data yang akan ditampilkan diskripsi nanti gabakal nyentuh tuh yang namanya pengolahan secara statistik, eh taunyaaaaaa after revisian pertama, ada beberapa data yang harus di uji secara t-student.
Oke, mulailah tuh belajar ngolah data pake SPSS  dan akhirnya pake SAS.
Terimakasih banget buat orang-orang yang sempet bantuin belajar ngolah data itu, kak Ulfa, Anto, Putri (TMB) and the last Ros.
Menyelesaikan revisi skripsi pertama memerlukan waktu sekitar 2 minggu may be hehe, itu karena efek belajar ngolah data secara statistik otodidak dulu tanpa diajari. Akhirnya hopeless sendiri dan minta ajarin temen. Kalo ada yang ngajarin mah 1 jam juga beres. Maklum ya, waktu itu ga minat untuk konsul ke statistika center. Selagi ada temen yang jago, minta ajarin ke temen itu cukup. Nah, mencocokkan waktu itulah yang memakan waktu.

Proses penyelesaian revisi itu sambil menunggu proses pengocokan dosen penguji skripsi di komisi pendidikan. Kalau dihitung nih ya, masukin proposal buat syarat pengocokan itu adalah akhir bulan agustus. Nah pengocokan itu sekitar awal bulan Oktober, sebulan alias lebih mepet hampir 2 bulan cuy

Setelah beberapa kali revisi alias udah 3 kali perbaiki draft, Alhamdulillah angin segar berhembus di akhir Oktober. Hasil bimbingan dibulan Oktober, memberikan harapan dan sinyal kalau seminar hasil bakal dibulan berikutnya. Bahagia lah intinya. Revisi menuju draft 4 pun dengan semangat yang menggelora.

Awal bulan November udah masukin draft lagi sambil belajar untuk persiapan seminar hehe. Terlanjur bersemangat nih. Sekitar minggu kedua november bimbingan lagi tuh, butttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt
I feel so sad L

inilah saat jatuh sejatuh-jatuhnya, kali ini aku ga akan cerita sedihnya gimana tapi intinya angin segar kala itu berganti gemuruh dibulan November.
Wacananya akan seminar 21 November, ya Allah mungkin belum rejeki ya. Harus banyak belajar lagi. Masih ada yang perlu diperbaiki dan dipelajari lebih dalam lagi.
Nesha HARUS SEMANGAT!!!
Sejak itu aku udah mulai maleslah ketemu orang-orang wkk, udah terlanjur sounding etapinya gajadi. Agak minder juga sama temen-temen yang udah pada seminar. Aku nya kapan?. Ya beberapa hari aku nenangin diri fokus bolak-balik perpus bersama temen-temen pejuang lainnya ie Ariska, Enggar, dan lainnya. Bismillah... gapapa nes, Insya Allah Desember ya.
Haha sambil waktu itu tandingan siapa cepat seminar dengan enggar.

Desember 2017
Status: MahaSISA semester 9 mulai terjepit

4 Desember 2017, Alhamdulillah wa syukurillah. Jalan Allah memang indah ya. Percaya aja doa kita pasti dijawab kok sama Allah, kalo ga segera ya ditunda atau digantikan dengan yang terbaik menurut Nya.
Selepas bimbingan hari itu, inilah benar-benar semi yang datang setelah gugur.
Detik-detik menuju tanggal 11 Desember disibukkan dengan persiapan menuju seminar hasil penelitian.
Fyi: form pendaftaran seminar ga aku kumpulin loh sampai postingan ini terbit haha. Waktu itu Bu Titiek belum ttd, makanya kata Bu Sulis yang baik hatinya nanti aja beres seminar pas udh di ttd semua, tp copyannya tetep aku kumpulin kok. Tenang netizen, jangan tanya kok bisa aku bisa seminar tanpa berkas satu itu.

11 Desember 2017, salah satu momen yang harus aku ingat.
Alhamdulillah terima kasih orang tua, sahabat, teman dan semuanya yang turut membantu sampai proses ini. Semoga Allah selalu memberi keberkahan dan membalas kebaikan kalian semuanya.



































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Latsarku

Latsar alias pelatihan dasar adalah kegiatan pertama yang paling ku tunggu-tunggu setelah diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), habis itu ya langaskara trus TC (untuk dua ini mungkin akan kuceritakan nanti setelah melewati kegiatannya dan semoga ingat buat share ceritanya juga). Sebenarnya sih, latsar ini tuh syarat untuk diangkat jadi PNS, jadi kami para CPNS harus lulus dulu nih dalam pelatihan ini. Pokoknya kegiatannya itu kaya akan ilmu buat 'ningkatin kompetensi kami para CPNS, latsar juga dikenal dengan sebutan prajabatan. Oiya, kali ini aku lebih ke bercerita pengalaman selama latsar ya, jadi ga akan cerita detail ilmu yang aku dapatin. 

Behind The Scene "(un)officially Sarjana Pertanian"

 (un)officially SP 3 Januari 2018, ± 16.00 WIB @Ruang Sidang Komisi Proteksi Tanaman IPB. Setelah melalui proses menuju sarjana yang begitu menguras tenaga, pikiran, hati dan kantong :D akhirnya title Sarjana Pertanian pun secara (un)officially tercapai sudah. Nesha Priga Hasanah, S.P Alhamdulillah!! Aku terhitung lulus menjadi Sarjana Pertanian di IPB selama 45 bulan alias 4 setengah tahun alias di semester 9. “Lama juga ya nes? Kenapa sih nes? Susah nya dimana? Kapan Seminar? Udah sidang belum?   wisuda?” Hmm.. banyak sih yang berfikiran semacam itu, banyak juga yang dengan ringannya menanyakan pertanyaan-pertanyaan nan menyayat hati *eaaa lebay doang ini* bukan menanyakan kabar. Tau ga disini rasanya gimana? Duh.. senyumin aja. “mohon doanya ya”, “Rabu wisuda kok” (fyi: di IPB jadwal wisuda memang selalu hari Rabu”, Nah ini... jawaban andalan penguatan diri.   harusnya bisa tepat waktu 4 tahun ya nes?. Oke bukan tepat waktu but waktu yang tepat (pembelaan).

My Graduation Day! part 1

Terjawab sudah pertanyaan kapan yang satu ini. Yap, “kapan wisuda?” Setelah beberapa kali melewati rabu, finally its my turn! I get my wednesday for my bachelor graduation J . fyi : graduation day in IPB is alway on wednesday.