Langsung ke konten utama

Behind The Scene "(un)officially Sarjana Pertanian"


 (un)officially SP

3 Januari 2018, ± 16.00 WIB @Ruang Sidang Komisi Proteksi Tanaman IPB.

Setelah melalui proses menuju sarjana yang begitu menguras tenaga, pikiran, hati dan kantong :D akhirnya title Sarjana Pertanian pun secara (un)officially tercapai sudah. Nesha Priga Hasanah, S.P Alhamdulillah!!

Aku terhitung lulus menjadi Sarjana Pertanian di IPB selama 45 bulan alias 4 setengah tahun alias di semester 9. “Lama juga ya nes? Kenapa sih nes? Susah nya dimana? Kapan Seminar? Udah sidang belum?  wisuda?” Hmm.. banyak sih yang berfikiran semacam itu, banyak juga yang dengan ringannya menanyakan pertanyaan-pertanyaan nan menyayat hati *eaaa lebay doang ini* bukan menanyakan kabar. Tau ga disini rasanya gimana? Duh.. senyumin aja.

“mohon doanya ya”, “Rabu wisuda kok” (fyi: di IPB jadwal wisuda memang selalu hari Rabu”, Nah ini... jawaban andalan penguatan diri.  harusnya bisa tepat waktu 4 tahun ya nes?. Oke bukan tepat waktu but waktu yang tepat (pembelaan).


Kita bisa berencana tapi rencana Allah selalu yang terbaik. Percayalah, berbaik sangkalah, Allah sesuai prasangka hambanya. Selama kamu sudah berusaha maksimal serahkan lah semua ke Allah. Insya Allah kamu akan takjub dengan bagaimana cara Allah mengabulkan doamu.



Kali ini aku akan bercerita proses dari setelah seminar ke sidang tugas akhir. Sewaktu bimbingan terakhir sebelum seminar, Bapak W (Pembimbing skripsi) berpesan agar segera mempersiapkan sidang setelah seminar, diusahakan seminggu setelahnya bisa sidang. Seminar tepat pada tanggal 11 Desember 2017, berarti harusnya bisa sidang setidaknya minggu depan. Tetapi, karena aku baru menghubungi dosen penguji tamu H+2 seminar untuk segera sidang jadilah baru bisa menemui Ibu T (penguji tamu) sekitar H+5 seminar. Nah, setelah menemui Ibu T Alhamdulillah dapat jadwal sidang tanggal 27 Desember 2017 bertepatan dengan salah satu teman dengan dosen penguji tamu yang sama seminar dipagi harinya. Namun, sidang aku akhirnya dijadwalkan ulang. Akhirnya dilangsungkan pada 3 Januari 2018. Karena Ibu T ada agenda mendadak. Tidak mengapalah Sarjana tahun depan hehe.

Setelah fix tanggal 3 Januari, mulai lah mengurus segala persyaratan diantaranya: form pendaftaran, draft skripsi yang sudah di ACC, transkrip nilai, surat peminjaman ruangan, dan buku kendali tugas akhir. Done! Maaf ya Bapak W, minta ttd buku kendali tugas akhirnya sekaligus. Makasih Bu Sulis nan baik hati yang selalu ramah dalam melayani mahasiswa di komisi pendidikan (komdik).

Semua administrasi udah beres, next review materi. Materi yang bener-bener di review itu Cuma 3 mata kuliah yaitu Entomologi Umum, Ilmu Hama Tumbuhan Dasar, dan Ilmu Penyakit Tumbuhan Dasar sekitar satu minggu sebelum sidang. Karena udah pernah dipelajari sebelumnya jadi bisa menamatkan satu materi 1 hari aja. Oiya, masa review kepotong sama taun baru. Jadi, yang direview H-1 minggu Cuma Entum aja, IHTD(H-3) IPTD H-2 wkk.

~~Sedikit cerita tentang taun baru, waktu itu aku taun baru di rumah teteh mega di daerah Townhouse Daffylagio. Nuhun pisan teh maya, mega dan keluarga yang menyambut kami para mahasiswa (red: imeh, upeh, enggar, alip, dan yogo) dengan suguhan yang hommy banget dan tentu saja kehangatannya *eaa. Sebelum pulang juga diajakin ke Bakso Pak Min pula. (SKIP)

Sebenarnya ada perasaan takut sebelum sidang, sampai akhirnya banyak temen-temen yang gak dikasih tau ehehe. H-1 Sidang, masih setia kekampus tepatnya ke lab Fistok, cerita-cerita dan sedikit dibumbui tanya jawab. Sepulangnya dari lab baca-baca sedikit materi dan tidur sekitar jam 8an malam. Tapi kebangun lagi sekitar jam 10an diajakin Ika mix-match kostum sidang esoknya lalu tidur lagi. Bangun dini hari tahajud lanjut sholat hajat (tips biar tenang). Selesai itu menunggu waktu Subuh lanjut sholat dan habis itu tidur lagi kayakny wkkw (jangan ditiru ya).

Pagi, masih santai ngereview seputar penelitian sedikit dan mempersiapkan berkas dan kostum yang udah dipilih. Mendekati jam 12-an siang setelah mandi langsung siap-siap dan sholat. Otewe kekampus mendekati jam 1 siang. Oiya jadwal sidang aku jam 2 siang. Sesampainya di kampus jam 1, aku langsung cus ke lab fistok sebelumnya ketemu Atun di dekat fotokopian jadilah bareng Atun. Hal yang menggelitik itu nyampe di lab fistok,  ada beberapa potongan foto dan pigura. Wuhhh yakin ini pasti lagi nyiapin kado wkwk. Ketahuan deh.

H-1 jam Perasaan cemas dan takut mulai menghantui, tiap sebentar ngeliat jam. Baru menuju ruang sidang sekitar 1.45 diantar oleh dayang-dayang fistokers tercinta :3. Mendekati jam 2 aku makin panik, karena dosen belum ada di ruang sidang. Oke, aku udah ingatin H-1 hari kok, pasti datang. Alhamdulillah nya ada Mega, Wanda, Ariska, Atun di ruangan yang nenangin.

Jam 2 lebih sedikit, PS dan penguji tamu udah datang. Kini hanya ada aku, Bapak W, dan Bu T.
2 Jam berlalu~

“Gimana rasanya udah sidang nes?” Harus terus belajar J

Pertanyaan pertama: Kamu udah makan?. Jujur, aku ga makan siang takut sakit perut wkk. Sempat waktu itu Bapak nyuruh makan dulu tapi aku menolak. Yakali makan dulu wkw bisa-bisa gajadi sidang hha

Hal-hal yang buat aku malu banget: aku lupa ukuran lahan 50m2 itu harusnya berapa kali berapa, masa’ ya mikirnya lama banget buat bilang sekitar 7 x 7 m padahal lahan pengamatan sendiri. Kedua, aku ga ngeh buat mempelajari materi tentang penyakit BG pada padi, hingga akhirnya dikasih kode seberapapun jawabannya “kurang tau”. Ketiga, lupa dosen yang ngajar mata kuliah PHT *yang ini benar-benar ampun dah*. But semua sudah berlalu, Alhamdulillah.

Pascasidang, diluar ruangan teman-teman dan hujan sudah menyambut. Hujan mulai turun ketika penghujung sidang, disitulah aku berdoa supaya cepat berakhir hehehe. Bahagia dan terharu ketika keluar ruang sidang teman-teman udah bawa balon sesuai satu-satunya kode aku sebenarnya. Ngga kok bukan itu, aku bahagia dan terharu sama perjuangan kalian, ketulusan kalian *eaaa semoga Allah membalas kebaikan kalian guys.

Jadi tuh ya, ada yang muter-muter nyariin balon helium sesuai request eh ternyata tutup (Fikoh dan Mila), hujan-hujanan beliin balon (Wanda dan Mega), Ada yang kuyup dan akhirnya malu nyamperin (Ilman), ada tim yang riuweh nyariin selempang alias sash yang entah kemana dan akhirnya dibuatin yang baru (Babu PTN :D), ada juga yang juga kejebak hujan (neva) dan nyamperin (saiful), ada yang capek abis koas tapi bela-belain datang akhirnya drama salah paham wkwk (Ika) mungkin ada yang lain lagi kah yang ngga aku ketahui?. Nuhun pisan guys kehadiran dan hadiahnya. Khususnya buat siapapun yang selalu mendoakan.

Saat ini tanggal 14 Januari 2018, lagi proses SKL-an biar ga bayar UKT. Semoga kebagian wisuda tanggal 21 Februari 2018. Aamiin. Semangat terus bagi yang masih berjuang, kudoakan yang terbaik buat kalian semuanya!!!

Tidak akan ada kecewa jika terus melibatkan Allah dalam setiap urusanmu.















*****Melalui tulisan ini aku mau ngucapin terima kasih teruntuk:
-          Dr Ir I Wayan Winasa, MSi selaku dosen pembimbing skripsi, Dr Ir Titiek Siti Yuliani, SU selaku dosen penguji tamu, Dr Ir Swastiko Priyambodo selaku dosen pembimbing akademik, Dosen dan staf Departemen Proteksi Tanaman serta bapak Boni selaku petani bersedia lahan sawahnya dijadikan tempat penelitian.
-          Ayahanda Nurman dan Ibunda Siti Khadijah tercinta, kakak Shonni Najmi M, adik Shalsabiel R, Narissa A, Nadha A, dan seluruh keluarga.
-          Pemkab Rokan Hulu yang telah memberikan kesempatan belajar di IPB melalui jalur beasiswa utusan daerah.
-          Siti Kamila N, Taufik Nur H, Mega Mutiari, Ariska Dwi, R Sharah Rukman, Ika Yunia, Ivan A, Fatimah Sofni, Hindah Sekar, Prayogo P, Kasmiatun, Wian R, serta keluarga Proteksi Tanaman khususnya angkatan 50 dan teman-teman di Laboratorium Ekologi.
-          Teman-teman BUD kabupaten Rokan Hulu, teman-teman di kosan Megatin, HIMASITA khususnya divisi Bisnis dan Kemitraan kabinet Anthopilla, UKM Indonesian Green Action Forum LC IPB khususnya BPH kabinet Harmoni serta seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Latsarku

Latsar alias pelatihan dasar adalah kegiatan pertama yang paling ku tunggu-tunggu setelah diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), habis itu ya langaskara trus TC (untuk dua ini mungkin akan kuceritakan nanti setelah melewati kegiatannya dan semoga ingat buat share ceritanya juga). Sebenarnya sih, latsar ini tuh syarat untuk diangkat jadi PNS, jadi kami para CPNS harus lulus dulu nih dalam pelatihan ini. Pokoknya kegiatannya itu kaya akan ilmu buat 'ningkatin kompetensi kami para CPNS, latsar juga dikenal dengan sebutan prajabatan. Oiya, kali ini aku lebih ke bercerita pengalaman selama latsar ya, jadi ga akan cerita detail ilmu yang aku dapatin. 

My Graduation Day! part 1

Terjawab sudah pertanyaan kapan yang satu ini. Yap, “kapan wisuda?” Setelah beberapa kali melewati rabu, finally its my turn! I get my wednesday for my bachelor graduation J . fyi : graduation day in IPB is alway on wednesday.